PP IPPNU Ajak Pelajar NU Sulsel, Perkuat Ruang Diskusi untuk Menangkal Radikalisme dan Intoleran

0
14

PWNUSULSEL.O.ID, Bantaeng – Dalam menyiapkan sumberdaya pelajar NU membutuhkan penguatan kaderisasi salah satunya dengan membangun iklim pengetahuan dengan membukakan kerang diskusi seluas-luasnya, agar menjadi kader penggerak NU yang mampu menggerakkan roda organisasi yang lebih massif lagi. Hal tersebut menjadi bekal dalam menyelesaikan problem solving- problem solving yang ada kedepannya.

Apalagi tantangan pelajar NU di era disrupsi kian besar dengan transformasi zaman yang serba digital. Media digital harus di jadikan wasilah untuk belajar dan memamfaatkannya untuk tidak lagi menjadi konsumtif dalam dunia elektronik, tapi mampu memproduksi untuk mengunakan alat itu agar menciptakan suatu karya yang berfaedah.


Hal ini di ungkapkan oleh PP-IPPNU Ketua II Bidang Pendidikan, Pengkaderan dan Pengembangan SDM Sri Nur Ainingsih, Sabtu (3/6) Siang, dalam Acara pembukaan Latihan Kader Utama (LAKMUT) yang di gelar PW- IPPNU Sulsel di Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin, Desa Tombolo, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng.


Menurutnya, pelajar NU harus mengupgrade pengetahuan melalui jenjang kaderisasi sampai tuntas khususnya IPPNU ini, sehingga pemahaman keNUan, keIslaman itu bisa kaffah agar mampu mengikis radikalisme dan faham-faham intoleran. Selain itu diberikan juga bekal untuk menyebarkan kultural NU dengan membudayakan shalawatan dan tahlilan.


“kami sangat apresiasi di kepengurusan barunya ‘Mbak Hikma’ karena baru beberapa hari dilantik sudah membuat gebrakan kaderisasi yang mana kaderisasi sangat penting bagi organisasi. Sehingga harapannya kedepan sulsel lebih massif melakukan gebrakan kaderisasi yang menjadi ujung tombak organisasi,” kata Ain Ketua PW IPPNU Jawa Tengah 2016-2019.

Senada dengan itu, Ketua PW IPPNU Nurhikma Muin, mengatakan bahwa Latihan Kader Utama (LAKUT) ini di jadikan langkah awal untuk mengaktifkan kader dengan melihat kondisi IPPNU Sulsel banyak cabang-cabang yang non-aktif. Kendati demikian, alumni tersebut dipersiapkan untuk menjadi, pelatih dan narasumber dalam upaya membimbing di masing-masing Pimpinan Cabang untuk membenahi struktural yang siap bergerak dalam kemajuan IPPNU di Sulsel.

“Kader-kader IPPNU itu butuh amunisi yaitu, intelektual dan motivasi agar menjadi influencer di tiap daerah. Maka kami datangkan PP-IPPNU untuk mengawal langsung proses kaderisasi dan penertiban administrasi,” ucapnya.


Di ketahui, kegiatan ini berlangsung pada hari sabtu – selasa (03-06 Juli) dengan mengusung tema”Revitalisasi Gerakan Pelajar NU dalam Menghadapi Tangtangan di era Disrupsi”. Adapun yang menjadi peserta dalam Latihan Kader Muda (LAKUT) antara lain, PC IPPNU Bantaeng, PC IPPNU Bulukumba, PC IPPNU Makassar, PC IPPNU Pinrang, PC IPPNU Wajo dan PC IPPNU Pare-Pare.

Kontributor : Ahmad Saeful

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here