BANSER dan Barakka’na Anregurutta KH. M. Sanusi Baco

0
28

Mengenang 40 hari wafatnya AGH. KH. Sanusi Baco, Lc

Oleh : Mahmud Nurdin

PWNUSULSEL.OR.ID – Kader BANSER ANSOR SIDRAP mengenang sosok Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., saat mengawal Beliau.

Tongkat estafet kepemimpinan Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan pasca Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf diemban oleh Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., sampai akhir hayatnya 40 hari yang lalu di usia 84 tahun.

Di salah satu kegiatan yang pernah Penulis ikuti yakni Festival Barazanji Pondok Pesantren Se-Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh PT. BOSOWA di Masjid Cheng Hoo Makassar 9 Maret 2019. Panitia pelaksana pada saat itu adalah sahabat senior H. Muhammad Tonang yang juga merupakan Dewan Instruktur Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Selatan memberikan instruksi untuk mengawal Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., yang akan hadir di pembukaan kegiatan. Tugas itu sebenarnya berat karena satu-satunya orang yang memakai Atribut Banser adalah penulis itu sendiri yang memang sedari awal dikader tak pernah lepas dari Atribut Bansernya.

Mulai kedatangan Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., sampai meninggalkan Masjid Cheng Hoo tak lepas dari pengawalannya.

Disela-selat istrahat di ruang belakang Mesjid Cheng Hoo, penulis mendapatkan kesempatan berdua dengan Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., sehingga penulis memberanikan diri meminta air botol mineral di atas meja, kemudian meminta kepada Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., untuk didoakan.


“Tabe Puang, tillau doangengka Puang” (sambil menyodorkan air botol mineral), “paddoangeng aga? (Tanya Anreguruttta) sambil melanjutkan ‘’untuk ana’mu ga? Penulis senyum lebar dan mengatakan, “Paddoangeng supaya weddingtoni botting Puang (doa untuk nikah Puang). Anregurutta tersenyum sambil penulis memandangi gigi Anregurutta, kemudian Anregurutta mendoakan dan meniupkannya pada air botol mineral tersebut. Kemudiaan diberikan dan bergegas turun dari Masjid menuju mobilnya.

Penulispun mendamipingi Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc., berada di sisi Anregurutta, nikmat yang sangat luar biasa bisa menemani Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc.

Sesampai di mobil sang Sopir pun membukakan pintu untuk Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc. Saat Anregurutta ingin menutup pintunya Anregurutta senyum dan berkata :’’sitta sittaki’ nak runtu’ abbeneang”. Penulispun meraih tangan Anregurutta sambil mencium yang penuh keberkahan.


Alhamdulillah beberapa bulan kemudian tepatnya 24 Desember 2019, pasca pertemuan tersebut dengan Anregurutta KH. M. Sanusi Baco, Lc sang penulis pun mendapatkan jodoh dengan Radhiah Hasrullah yang juga merupakan Guru Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap dan ditahun 2020 dianugerahi seorang anak laki-laki.

PW NU SULSEL
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here