KH Miftachul Akhyar Terpilih Menjadi Ketua Umum MUI Pusat

0
178

KH. Miftachul Akhyar merupakan seorang ulama besar yang lahir di Surabaya  pada tanggal 1 Januari 1953 (sekarang 67 Tahun), beliau dikenal sebagai penngasuh di Pondok Pesantren (PP) Miftachus Sunnah, Surabaya.  

Beliau dibesarkan di lingkungan Pesantren, beliau anak dari KH. Abdul Ghoni yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tahsinul Akhlak, Rangkah , Surabaya.

Beliau menjabat Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) (2020-2025) yang ditetapkan untuk menggantikan KH. Ma’ruf Amin (Ketua Umum MUI periode 2015-2020) berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (MUNAS) X MUI di Jakarta, Jumat 27 November 2020 dini hari.

Sebelum menjabat sebagai Ketua umum MUI, KH. Miftachul Akhyar menjabat sebagai Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) pada tanggal 22 September 2018 M., menggantikan KH. Ma’ruf Amin yang secara resmi mengundurkan diri dari poisisinya karena mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden pada Pilpres 2019.

KH. Miftachul Akhyar tercatat pernah mengenyam pendidikan sebagai santri di berbagai pondok pesantren, di antaranya Pondok Pesantren (PP) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur; Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang; Pondok Pesantren Al-Anwar Lasem, Sarang, Jawa Tengah. Dan pada saat Sayyid Muhammad Al-Makki Al-Maliki masih mengajar di indonesia, KH. Miftachul Akhyar ikut dalam Majelis Ta’lim yang diadakan Sayyid Muhammad.

Penulis : Syahrul – Ibnu

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here