Lakpesdam Bulukumba dan RDRM Kota Semarang Buka Konsultasi Psikologi Gratis

0
145

PWNUSULSEL.or.id – Situasi pandemi Covid-19 membatasi ruang interaksi sosial tatap muka. Belum lagi imbauan pemerintah terkait penerapan social distencing dan psycal distencing, hal ini tentu membuat sebagian orang mengalami situasi sulit dengan kegiatan yang dilakukan di rumah.

Kecenderungan melakukan kegiatan di rumah ditengah situasi pandemi Covid-19, menimbulkan problem baru, misalnya stres. Menanggapi situasi sulit tersebut, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Kabupaten Bulukumba berkerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dan Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang melakukan kegiatan konsultasi Psikologi.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Ketua Lakpesdam PCNU Bulukumba, Muhammad Nur Al A’la dengan menghadirkan Narasumber dari Koordinator Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang, Putri Merlenny P, S.Psi, M.Psi, Psikolog dan Psikolog Rumah Duta Revolusi Mental Zahra Frida I, S.Psi, M.Psi, Psikolog. Kegiatan itu digelar via google meet, pada Jumat, 24 Juli 2020.

Konsultasi psikologi yang bertajuk ‘Berkonsultasi Psikologi Tanpa Malu’ tersebut dibuka untuk umum khususnya warga di Kabupaten Bulukumba. Pada pertemuan perdana, tema yang diusung adalah ‘Tetap Sehat Jiwa Menjalani New Normal’.

Koordinator Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang, Putri Merlenny P, S.Psi, M.Psi, Psikolog dalam pemaparannya memberikan penjelasan dasar terkait strees, atau respon fisik dan emosi terhadap suatu tekanan (stressor).

Putri Merlenny mengatakan bahwa stres terbagi dua macam, yakni Stres Baik (eustress) yaitu Stressor atau tekanan yang dipandang dan ditanggapi baik oleh tubuh dan Stres Jahat (distress) yaitu Stressor atau tekanan yang dipandang dan ditanggapi buruk oleh tubuh.

Dia juga memaparkan Gejala dan Dampak Stres dari segi fisik, psikologis dan perilaku dan penanganannya. ” Jadi tehnik manajemen atau penyembuhan stres, bisa dilakukan dengan rekreasi, Curhat dan Relaksasi Sederhana. “Merasa stress itu wajar namun tetap diatur jangan sampai berlebihan,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, para peserta diberikan ruang untuk berkonsultasi langsung dengan mengajukan pertanyaan seputar tema pembahasan.

Rencananya, kegiaten konsultasi psikologi tersebut bakal dilakukan rutin dan terbuka untuk umum. Pertemuan via google meet bakal digelar pada Jumat, 7 Agustus 2020, dengan tema mengusung tema seputar pesikologi anak berkebutuhan khusus.

Diketahui, kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Lakpesdam PCNU BUlukumba, Dinas Pendidikan Kota Semarang, Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) Kota Semarang, Progrem Peduli, Jaringan Masayarakat Sipil (JMS) dan Satgas Covid-19 NU Bulukumba.(*)

Sumber: https://sulengka.net/ditengah-pendemi-lakpesdam-bulukumba-dan-rdrm-kota-semarang-buka-konsultasi-psikologi-gratis/

PW NU SULSEL
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here