Nasehat Syekh Nawawi Al-Bantani untuk Kita Semua

0
690
Cover Kitab Nashaihul Ibad karangan Syekh Nawawi Al-Bantani

Dalam kitab Nashahihul Ibad, Syekh Nawawi Al-Bantani menyitir satu riwayat yang bunyinya seperti ini:

خصلتان لا شيئ أفضل منهما الإيمان با لله و النفع للمسلمين

“Khoslatani, la syai’a afdholu minhuma. Al-Imanu billah wan naf’u lil muslimin.”

Teks yang dikutip Syekh Nawawi Al-Bantani yang artinya kurang lebih, “Ada dua hal, tidak ada yang paling afdol selain keduanya. Yaitu beriman kepada Allah dan memberi keselamatan atau manfaat kepada orang lain.”

Syekh Nawawi menjelaskan hal yang kedua dari riwayat tersebut. Kata beliau dalam kitab tersebut bahwa yang dimaksud memberi keselamatan kepada orang lain adalah selamatnya orang-orang dari ucapan yang tidak layak, selamatnya orang-orang (dari hal yang buruk) berkat kekuasaan yang dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan, orang-orang menerima manfaat dari harta yang dimiliki, atau ada yang memberi bantuan secara fisik. Maka dua hal inilah yang paling utama yang mesti dan harus dilakukan oleh kaum muslimin.

Namun, Syaikh Nawawi Al-Bantani tak lupa mengingatkan tentang dua hal yang mesti dihindari. Katanya, melanjutkan riwayat yang diungkap beliau di kitab yang sama.

و خصلتان لا شيئ أخبث  منهما الشرك يا لله و الضر با لمسلمين

Khoslatani, la syai’a akhbatsu minhuma as syirku wa wad dhurru bil muslimin. Artinya, dua hal yang paling buruk, syirik kepada Allah dan menyensarakan orang lain.”

Syekh Nawawi juga hanya menjelaskan bagian kedua yang paling buruk yang dilakukan oleh beriman dan harus dihindari yaitu menyengsarakan orang lain. 

Lebih jauh Syekh Nawawi menjelaskan, yang dimaksud menyengsarakan orang lain adalah memberi kemudharatan yang berdampak adanya gangguan fisik atau jasmani pada orang lain atau berdampak pada rusaknya harta benda orang tersebut.

Beliau kemudian membuat satu rumusan bahwa segenap perintah Allah SWT sejatinya tertuju pada dua hal, yaitu mengagungkan Allah dan berbelas kasih pada orang lain. Tetapi beliau sudah mengkhawatirkan bahwa hal yang pertama mudah untuk dilakukan oleh semua kaum muslimin minimal yang masih ada keimanan dalam dadanya.

PW NU SULSEL

Namun hal yang kedua, memberi keselamatan dan rasa aman kepada orang lain, bukanlah perkara mudah. Butuh kearifan dari yang bersangkutan. Mau dipahami oleh orang lain tetapi belum tentu punya dan mau memahami orang lain. Sehingga Syekh Nawawi perlu memberikan penekanan tentang pentingnya hal yang kedua, memberi rasa aman kepada orang lain. Karena itu, tak cukup hanya memiliki keimanan tetapi juga harus memberikan rasa aman pada yang lain.

Mubarak Idrus, Pengurus LTN NU Sulsel dan Pengajar di Ponpes Multidimensi Al Fakhriyah Makassar

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here