Penanaman Mangrove Tutup Rangkaian Haul Gus Dur ke-10 di Makassar

0
257
Foto (dok: UKM Pers UIM)

PWNUSULSEL.or.id – Pulau Lakkang menjadi lokasi terakhir rangkaian Haul Gus Dur ke-10 di Kota Makassar. Di salah satu spot sepanjang sungai Tallo yang membatasi Pulau Lakkang dengan wilayah padat penduduk di Kota Makassar, Komunitas GUSDURian Makassar bersama PMII Komisariat UIM Cabang Metro Makassar dan Lakpesdam NU Sulsel menanam ratusan batang bibit mangrove, pada Minggu (16/02/2020).

Koordinator Komunitas GUSDURian Makassar, Andi Ilham Badawi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan penutup dari serangkaian Haul Gus Dur ke-10 di Makassar dan sebagai ajang silaturahmi antara manusia dan alam di sekitarnya.

“Setelah menyelenggarakan silaturahmi lintas iman tanggal 14 Februari kemarin, penanaman mangrove kami agendakan sebagai penutup. Saya berpikir pegiat perdamaian pun mesti terlibat dalam diskursus dan kegiatan pelestarian lingkungan. Sering-seringlah kita bersilaturahmi dengan alam”, ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Pengurus Komisariat PMII UIM, Mijra menuturkan mengenai hubungan manusia dengan alam merupakan bentuk penghargaan kepada sang pencipta.

“Kegiatan ini merupakan wujud dari hablu minal alam, yang di mana ada proses hubungan manusia dengan alam untuk menghargai ciptaan sang pencipta. Sebab di muka bumi ini yang hidup bukan hanya sekedar manusia saja, maka sudah sepantasnya kita sebagai ciptaan Tuhan wajib menjaga dan melestarikan apa yang di ciptakan oleh Allah SWT”, terangnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here